NaxcMqx5MGZaLWpcNap9MWNcMmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Liburan Pakai Dana Pinjaman Tunai? Boleh Aja, Asal...


Udah mumet kerja, mau liburan, tapi jumlah tabungan masih belum cukup untuk beli akomodasi dan tambah-tambah uang saku? Kepikiran mau apply pinjaman tunai buat liburan, tapi ragu-ragu, sebenernya etis nggak sih?

Idealnya, liburan adalah jenis kebutuhan hiburan pribadi yang anggarannya perlu disisihkan kurang lebih sebesar 30% dari total penghasilan bulananmu atau setelah kebutuhan primermu terpenuhi. Liburan juga termasuk jenis aktivitas konsumtif yang menghabiskan uang. Namun, bukan berarti liburan nggak punya manfaat. Justru, dengan pergi liburan sementara waktu bisa jadi ajang ‘isi ulang’ energimu sebelum kembali menghadapi setumpuk pekerjaan di kantor.

Beberapa fasilitas pinjaman tunai yang ada sekarang, terutama yang berbasis online dan pencairan cepat, seperti Kredivo, mungkin semakin menambah kuat keinginanmu untuk liburan dengan dana pinjaman. Sebenernya boleh aja, asalkan:

Buat rincian biaya yang kamu butuhkan untuk liburan ke destinasi yang sudah dipilih

Mau jauh atau dekat, lokal atau internasional, membuat rincian biaya liburan apalagi dengan dana pinjaman sifatnya wajib kalau mau terhindar dari pemborosan dan impulsif. Sebelum ajukan pinjaman, sebaiknya rincian biaya liburan ini sudah dibuat mulai dari tiket perjalanan pulang pergi, penginapan, biaya transport selama di destinasi liburan, tiket masuk ke lokasi wisata, biaya makan dan belanja, sampai biaya darurat.

Sifat “mawas diri” diperlukan ketika kamu berniat liburan dengan dana pinjaman. Sesuaikan juga dengan kapasitas keuanganmu untuk bayar angsuran pinjaman per bulannya. Artinya, kalau penghasilanmu baru cukup untuk liburan di dalam negeri, maka jangan paksakan pinjam dana lebih besar dan memaksakan liburan ke luar negeri. Selain akan menambah beban utang pasca liburan, pengajuan pinjamanmu juga berisiko tinggi untuk ditolak.

Jangan terlalu mendadak, minimal rencanakan 3 bulan sebelum waktu liburan

Kalau punya dana terbatas apalagi dari pinjaman dana tunai, maka jangan habiskan dana tersebut untuk liburan yang mendadak. Misalnya, pinjaman cair hari ini, kemudian langsung beli tiket untuk pergi liburan lusa. Selain harganya akan jauh lebih mahal, beban pinjamanmu juga akan sangat terasa panjang.

Pilih waktu liburan minimal 3 bulan setelah kamu mendapat dana pinjaman. Kamu akan mendapat banyak waktu dan peluang untuk mendapat harga akomodasi yang semurah-murahnya. Selain itu, dalam rentang waktu 3 bulan tersebut, angsuran pinjamanmu sudah berjalan, sehingga setelah liburan selesai, kamu hanya perlu membayar sisa angsuran tenornya. Jadi, nggak terasa terlalu berat.

Setelah liburan selesai, fokus untuk selesaikan angsuran pinjaman

Setelah masa liburan habis, selanjutnya adalah kembali fokus bekerja dan menyelesaikan angsuran pinjaman yang kamu punya sesuai tenor yang sudah disepakati. Kalau angsurannya belum lunas, jangan ajukan pinjaman lain atau merencanakan liburan berikutnya. Terlebih lagi, kalau angsuran pinjamannya cukup besar per bulan. Kamu harus rela untuk mengencangkan ikat pinggang sementara terutama untuk hal-hal konsumtif seperti hangout, jajan di kafe terlalu sering, dan belanja hal-hal yang kurang diperlukan.

Fokus pada aktivitas liburanmu, bukan pada oleh-oleh atau belanja

Oleh-oleh untuk keluarga atau teman kantor biasanya adalah yang paling banyak menghabiskan anggaran liburanmu. Begitu juga dengan hasratmu untuk belanja, pastinya sulit untuk dibendung selama liburan. Mengingat dana yang kamu punya terbatas dan asalnya dari pinjaman, kalau mau tetap refreshing sejenak, maka kamu harus rela menghilangkan gengsi beli oleh-oleh terlalu banyak atau belanja barang-barang yang kurang penting.

Pakai Kredivo: bisa cicil tiket pesawat dan hotel tanpa kartu kredit sekaligus pinjam dana tunai untuk uang saku liburan

Kalau sekiranya kamu sudah bisa komit dengan hal-hal di atas, maka kamu bisa ajukan pinjaman dana tunai online ke fintech atau lembaga multifinansial lainnya. Kredivo adalah salah satu fintech pinjaman online tunai yang sistemnya berupa pemberian limit kredit saat pendaftaranmu disetujui. Limit kredit yang diberikan bisa mencapai hingga Rp 30 juta!

Nah, limit kredit ini kemudian bisa digunakan untuk mencicil akomodasi travel seperti tiket pesawat dan hotel tanpa kartu kredit ataupun dicairkan menjadi pinjaman tunai untuk kebutuhan uang saku selama liburan.

Untuk cicilan tiket pesawat, kalau sudah punya limit kredit, kamu tinggal langsung bertransaksi lewat aplikasi Kredivo. Kredivo sendiri sudah menyediakan layanan pembelian tiket pesawat di aplikasinya, namun saat ini fitur tiket pesawat baru ada di Android. Untuk hotel, tiket kereta, atau paket perjalanan lain, Kredivo juga menggandeng beberapa online travel agent ternama sebagai mitra, mulai dari Tiket.com, Blibli Travel, Panorama Tours, Momotrip, dan RedDoorz. Jadi kamu bisa cicilan tanpa kartu kredit semua akomodasi travel yang dibutuhkan di OTA-OTA tersebut dengan menggunakan Kredivo.

Cara mendaftar Kredivo juga gampang: cukup download aplikasinya di Google Play Store atau App Store, kemudian ikuti instruksi pendaftaran yang ada di aplikasi. Proses approvalnya sendiri hanya memakan waktu 1 x 24 jam. Kalau tujuannya untuk pinjaman dana tunai, pastikan kamu sudah terdaftar sebagai pengguna akun Cicilan. Karena, fasilitas pinjaman tunai hanya berlaku bagi pengguna Cicilan. Setelah dapat limit kredit, kamu bisa langsung menggunakan limit tersebut untuk belanja cicilan aneka barang di e-commerce, mencicil akomodasi travel di OTA rekanan, hingga mencairkan limit jadi pinjaman dana tunai.

Untuk pinjaman dana tunai, kamu tinggal masuk ke menu “Layanan” pada aplikasi Kredivo dan pilih fitur “Pinjaman Tunai”. Ada dua jenis pinjaman yang tersedia: pinjaman mini dengan tenor maksimal 30 hari dan pinjaman jumbo dengan pilihan tenor angsuran 3 bulan & 6 bulan.

Suku bunga yang diberikan Kredivo baik untuk cicilan ataupun pinjaman dana tunai hanya 2,95% per bulannya. Jumlah pinjaman minimal yang bisa diajukan mulai dari Rp 500 ribu dan maksimal sebesar limit yang kamu punya untuk tenor 6 bulan. Misalnya, kamu mendapat limit Rp 10 juta di akun Kredivo-mu. Untuk tenor 6 bulan, limit yang tersedia adalah Rp 5 juta. Artinya, pinjaman maksimal yang bisa kamu apply di Kredivo adalah Rp 5 juta. Plus proses pencairan pinjaman hanya memakan waktu satu hari kerja ke rekening pribadimu setelah kamu mengajukan pinjaman & disetujui.

Gimana, tertarik mencoba? Yuk, daftar Kredivo sekarang!



Share This Article :
Taufiq Iqbal
3716785038913944316