NaxcMqx5MGZaLWpcNap9MWNcMmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Tak Perlu Panik Jika Anak Demam Tinggi

Tak perlu panik jika anak demam tinggi - Bunda, semua anak kecil pastinya sudah pernah alami demam ya? Kondisi yang seperti ini memang biasanya terjadi pada semua orang, tak terkecuali sih kecil. Dalam ilmu medis, anak kecil atau bayi dikatakan demam apabila suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius atau pun lebih.

Tak Perlu Panik Jika Anak Demam Tinggi

Sebagai orangtua, wajar sekali jika Anda khawatir dan juga panik pada saat mendapati sih kecil terasa panas. Anda tak perlu panik jika anak demam tinggi dan tergesa – gesa pergi ke dokter. Ada kalanya demam pada sih kecil ini adalah suatu kondisi yang normal terjadi dan dapat ditangani di rumah. Demam ini sendiri sebetulnya sebuah gejala. Kondisi tersebut umumnya jadi tanda bahwasannya tubuh sih kecil sedang lawan penyakit. Misalnya saja demam dikarenakan efek imunisasi. Demam bisa saja dianggap sebagai bukti dari sistem kekebalan tubuh yang bekerja dengan sangat baik. Artinya, kinerja tubuh sih kecil berjalan normal.

Selain hal tersebut, demam juga bisa saja menyerang sih kecil apabila ia terlalu lama beraktifitas di luar ruangan pada saat cuaca lagi terik, atau pun bisa juga terjadi saat Anda mengenakan pakaian yang terlalu tipis. Jadi, Anda tak perlu khawatir secara berlebih bila tubuh sih kecil terasa panas, akan tetapi ia masih terlihat aktif dan juga masih minum susu. Walaupun demikian, ada kondisi tertentu yang butuh perhatian lebih. Anda harus lebih waspada saat sih kecil alami demam yang juga disertai dengan tanda – tanda berikut.

Tanda – Tanda Sakit Demam Anak yang Harus Diwaspadai
  • Demam yang disertai dengan nafus makan yang hilang
  • Demam yang disertai dengan rasa lemas, lesu, dan tak bersemangat saat diajak main
  • Demam yang disertai dengan ruam – ruam
  • Demam yang disertai dengan tanda – tanda dehidrasi, seperti mulut kering, tak ada air mata ketika menangis, atau popok tak sebasah biasanya
  • Demam yang disertai dengan kejang – kejang


Selain hal tersebut, Anda juga harus bawa sih kecil ke dokter apabila ia berusia di bawah 3 bulan ketika demam. Sih kecil harus cepat mendapat penanganan dari dokter sebab demam di usia tersebut sangat berpotensi sekali menandakan bahwasannya sih kecil alami kondisi yang serius. Demam di usia tersebut membutuhkan perhatian khusus secara medis, sebab bayi dengan usia 3 bulan ke bawah tak mempunyai lapisan pelindung sel antara aliran darah dengan sistem syaraf pusat yang tebal. Ini memungkinkan mikroorganisme melakukan penyebaran dan rusak jaringan syaraf dengan cepat.

Bayi usia muda juga tak menunjukkan tanda – tanda secara khusus apabila alami infeksi yang parah. Jadi, dibutuhkan tes darah atau pun tes urine untuk ketahui apa ada infeksi serius seperti pneumonia maupun meningitis. Untuk bayi di atas usia 3 bulan, Anda bisa bawa sih kecil ke dokter bila demam yang dialaminya tak kunjung turun, atau pun semakin parah dalam waktu 24 jam dan bila sih kecil tak mengkonsumsi cukup cairan.

Untuk dapat mengetahui apa sih kecil alami demam atau pun tidak, Anda bisa mencoba ukur suhu tubuhnya dengan menggunakan thermometer. Sangat disarankan sekali untuk ukur suhu tubuhnya lewat anus sebab bagian tersebut dinilai jauh lebih akurat bila dibandingkan ketiak, mulut, atau pun telinga.

Demikianlah informasi mengenai kesehatan anak tentang Tak Perlu Panik Jika Anak Demam Tinggi. Anda dapat mencari informasi kesehatan di Asisten Kesehatan untuk informasi yang lebih lengkap soal kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat.
Share This Article :
Asisten Kesehatan

AsistenKesehatan.com - Pusat Bantuan dan Informasi Asisten Kesehatan Resmi Untuk Dapat Menemukan Tips dan Tutorial Cara Mengatasi Kesehatan

3716785038913944316