NaxcMqx5MGZaLWpcNap9MWNcMmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Gejala Kanker Serviks Yang Harus Anda Ketahui

Gejala Kanker Serviks Yang Harus Anda Ketahui - Kanker serviks ini merupakan salah satu jenis kanker yang biasanya akan muncul pada bagian leher rahim wanita. Leher rahim ini sendiri berguna sebagai pintu masuk menuju ke rahim dari vagina. Yang mana semua wanita dari berbagai usia memiliki resiko untuk menderita penyakit kanker serviks tersebut. Akan tetapi jenis penyakit ini lebih cenderung mempengaruhi wanita yang secara aktif melakukan seksual atau hubungan intim.

Gejala Kanker Serviks Yang Harus Anda Ketahui

Pada tahapan lebih awalnya, kanker serviks ini umumnya tak memiliki gejala - gejala. Gejala kanker serviks yang harus diketahui yang paling umum adalah terjadinya pendarahan pada vagina yang terjadi setelah melakukan hubungan seksual atau intim. Namun, untuk dapat memastikan penyebab utama kondisi Anda, segera tanyakan pada dokter. Bila memang dicurigai adanya penyakit kanker serviks tersebut maka rujukan menemui dokter spesialis pasti akan segera diberikan kepada Anda.

Gejala Kanker Serviks

Memang sangat benar sekali, bahwa gejala penyakit kanker serviks ini tak akan selalu bisa terlihat secara jelas, bahkan ada kemungkinan gejala dari kanker serviks tersebut tak muncul sama sekali. Sering sekali kemunculan gejala kanker serviks ini terjadi pada saat kankernya sudah memasuki stadium akhir. Oleh sebab itulah, melakukan pap smear secara rutin menjadi sangat penting sekali untuk menangkap sel pra kanker dan cegah perkembangan kanker serviks.

Terjadinya Pendarahan di Vagina
Pendarahan tak normal dari vagina wanita, termasuk flek merupakan salah satu gejala yang bisa dibilang paling sering terlihat dari penyakit kanker serviks. Pendarahan umumnya terjadi setelah melakukan hubungan seks atau intim, di luar masa menstruasi atau pun setelah masa menopause. Segera temui dokter untuk lakukan pemeriksaan apabila terjadi pendarahan yang tak normal lebih dari satu kali.

Gejala Lainnya Yang Mungkin Muncul
Selain terjadi pendarahan yang abnormal, gejala lainnya yang mungkin muncul adalah :

  • Carian yang keluar tanpa henti dari vagina disertai dengan bau aneh atau berbeda dari biasanya, warna merah muda, pucat, coklat, maupun mengandung darah.
  • Rasa sakit di setiap kali lakukan hubungan seksual
  • Terjadi perubahan siklus menstruasi tanpa diketahui secara pasti penyebabnya, contohnya saja menstruasi yang terjadi lebih dari 7 hari untuk 3 bulan atau pun lebih, bahkan terjadi pendarahan dalam jumlah banyak


Gejala Kanker Serviks Stadium Akhir
Kanker serviks stadium akhir ini nantinya akan melakukan penyebaran ke luar leher rahim menujujaringan dan organ yang ada di sekitarnya. Pada tahap tersebut, gejala yang terjadi akan berbeda diantaranya :

  • Terjadi hematuria atau pun darah di dalam urine
  • Bermasalah pada saat buang air kecil sebab penyumbatan ginjal atau pun ureter
  • Terjadi perubahan kebiasaan buang air kecil dan besar
  • Terjadi penurunan berat badan secara drastic
  • Terjadi pembengkakan di salah satu kaki
  • Rasa nyeri di tulang
  • Kehilangan selera makan
  • Rasa sakit di perut bagian bawah dan panggul
  • Rasa nyeri di punggung atau pinggang yang disebabkan oleh terjadinya pembengkakan di ginjal. Kondisi tersebut biasanya disebut dengan hidronefrosis


Apabila Anda alami gejala yang sudah kami sebutkan di atas, lebih baik segera temui dokter. Khususnya tentang pendarahan yang tak normal pada vagina yang biasanya disebabkan oleh banyak hal.

Demikian informasi tentang gejala kanker serviks yang harus diketahui, semoga bermanfaat, dan Anda dapat mencari informasi kesehatan di Asisten Kesehatan untuk informasi yang lebih lengkap soal kesehatan lainnya.
Share This Article :
Asisten Kesehatan

AsistenKesehatan.com - Pusat Bantuan dan Informasi Asisten Kesehatan Resmi Untuk Dapat Menemukan Tips dan Tutorial Cara Mengatasi Kesehatan

3716785038913944316