NaxcMqx5MGZaLWpcNap9MWNcMmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui

Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui - Perlu Anda tahu bahwasannya payudara wanita ini terbentuk dari lemak, ribuan lobulus atau kelenjar kecil yang hasilkan air susu, dan juga jaringan ikat. Pada saat seorang wanita melahirkan, maka air susu ibu atau ASI akan dikirimkan ke putting lewat saluran kecil ketika menyusui. Sel - sel yang ada di dalam tubuh kita umumnya akan tumbuh dan juga berkembangbiak secara teratur. Sel - sel baru hanya akan terbentuk pada saat dibutuhkan. Akan tetapi, proses dalam tubuh pengidap kanker tentu akan sangat berbeda.

Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui

Yang mana proses tersebut nantinya akan berjalan secara tak wajar, sehingga pertumbuhan dan juga perkembangbiakan sel - sel ini akan jadi tidak terkendali. Sel – sel abnormal tersebut juga bisa melakukan penyebaran pada bagian – bagian tubuh yang lain, lewat aliran darah. Inilah yang biasanya disebut dengan kanker yang sedang alami masa metastasis. Apabila terdeteksi pada stadium awal, maka kanker masih bisa diobati sebelum melakukan penyebaran ke bagian tubuh yang lainnya. Gejala awal dari penyakit kanker payudara ini adalah adanya benjolan atau pun terjadinya penebalan di jaringan kulit payudara. Akan tetapi sebagian besar benjolan masih belum tentu menandakan kanker. Untuk itulah berikut ini akan kami informasikan kepada Anda semuanya tentang beberapa gejala kanker payudara yang harus diketahui.

Gejala Kanker Payudara Yang Harus Diketahui

Indikasi pertama dari penyakit kanker payudara biasanya disadari adalah adanya benjolan atau pun kulit yang menebal di area payudara, akan tetapi sekitar 9 dari 10 benjolan yan ada bukanlah disebabkan oleh kanker. Ada beberapa indikasi yang wajib Anda perhatikan di sini supaya bisa ditanyakan secara langsung kepada dokter yang menangani Anda. Misalnya saja gejala tersebut merupakan rasa sakit di payudara atau pun ketiak yang tak ada kaitannya dengan silus menstruasi.

Perlu Anda tahu juga bahwasannya kemunculan benjolan atau pun kulit payudara yang menebal serta disertai dengan keluarnya cairan dari putting susu (umumnya disertai juga dengan keluarnya darah) juga harus Anda waspadai. Beberapa gejala lain adalah terjadinya perubahan ukuran di salah satu atau pun kedua payudara, perubahan bentuk putting, dan kulit payudara yang mengerut.

Anda mungkin saja juga akan alami gatal – dan muncul ruam di area putting Anda. Akan tetapi di bagian ketiak Anda biasanya akan muncul benjolan atau pun pembengkakan. Tanda – tanda dan juga gejala tersebut memang patut untuk Anda waspadai dan usahakan untuk menanyakan kepada dokter untuk memastikan kondisi yang sedang Anda alami.

Pemeriksaan Payudara dan Genetika

Walaupun penyebab penyakit kanker payudara yang utama hingga kini masih belum diketahui secara pasti, sebab itulah pencegahan sepenuhnya untuk penyakit tersebut juga akan terasa sangat sulit sekali untuk ditentukan. Ada banyak faktor yang bisa tingkatkan resiko terkena kanker, contohnya saja usia serta riwayat kesehatan keluarga. Pemeriksaan payudara dan juga genetika sangat dianjurkan bagi setiap wanita dengan kemungkinan terkena penyakit kanker payudara ini yang melebihi rata - rata. Resiko kanker payudara akan meningkat seiring bertambahnya usia, maka wanita dengan usia 50 - 70 tahun dianjurkan untuk lakukan pemeriksaan diri di setiap 3 tahun sekali. Wanita dengan usia 70 tahun ke atas juga dianjurkan melakukan pemeriksaan diri dan konsultasi dengan dokter.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang gejala kanker payudara yang harus diketahui. Semoga saja bisa bermanfaat, dan Anda dapat mencari informasi kesehatan di Asisten Kesehatan untuk informasi yang lebih lengkap soal kesehatan lainnya.
Share This Article :
Asisten Kesehatan

AsistenKesehatan.com - Pusat Bantuan dan Informasi Asisten Kesehatan Resmi Untuk Dapat Menemukan Tips dan Tutorial Cara Mengatasi Kesehatan

3716785038913944316